mau kaya

Tuesday, May 3, 2016

1.Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

        Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membersihkan kompor gas yang apinya merah, kita bahas dulu tentang warna api. Jika kita melihat fakta ilmiah, warna merah/ kuning memiliki suhu di bawah 1000 derajat Celsius sedangkan warna biru bersuhu sekitar 2000 derajat Celsius. Sudah pasti setiap para pengguna kompor ingin performa yang lebih baik agar memasak pun lebih cepat. Pembakaran yang sempurna juga dapat membantu kita mengurangi pengeluarkan tabung LPG yang merupakan bahan bakar utama.
Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

Semua iklan kompor selalu menampilkan nyala api biru sebagai sebuah keunggulan dari produk tersebut, jadi apakah api biru dihasilkan oleh si kompor? Ternyata tidak, api bisa berwarna biru atau merah itu tergantung pada komposisi dari senyawa hidro karbon dalam gas elpiji. Jika konsentrasi hidro karbon rendah maka apinya berwarna biru sedangkan jika tinggi menghasilkan api merah
Banyak sekali penyebab api kompor gas berwarna merah, maka dari itu cara mengatasi juga berbeda. Kebanyakan dikarenakan kotoran yang menempel di bagian bagian penting kompor gas.
  • Jika anda membeli gas LPG di tempat yang bukan langganan anda, bisa jadi api berubah menjadi merah dikarenakan kandungan hidro karbon yang tinggi. Biasanya ditandai dengan nyala api kompor yang berubah seluruhnya menjadi merah. Kalau terjadi karena hal ini maka tidak perlu khawatir karena tidak ada resiko berbahaya bahkan tidak bisa mengosongkan panci dan wajan. Tunggu saja sampai gas habis dan belilah tabung baru di tempat langganan anda.
  • Jika nyala api merah hanya diujung api dan sisi dekat corong api masih biru maka hal ini dikarenakan alat memasak anda yang kotor. Coba cek apakah panci, teflon ataupun wajan ada ada kotoran di bagian bawah atau tidak? Solusinya cukup dengan membersihkan peralatan masak tersebut.
  • Jika nyala api merah hanya di beberapa sisi saja maka bisa jadi dikarenakan tungku api yang kotor. Biasanya ada minyak bercampur debu ataupun sisa masakan yang terselip disitu. Kotoran yang mengandung karbon akan terbakar dan mengubah nyala api menjadi kemerahan. Hal ini menyebabkan munculnya residu hasil pembakaran yang bisa menghitamkan pantat panci.

    Cara membersihkan tungku kompor gas cukup dengan sikat gigi bekas dan sedikit cairan pencuci piring. Pertama angkat tungku dari kompor gas lalu tinggal mengosokkan sikat gigi yang telah dibasahi dengan larutan pencuci piring. Jika sudah bersih bilas dengan air lalu keringkan. Tinggal pasang kembali ke tempatnya semula.
  • Burner (corong api), tempat keluarnya api di kompor gas terbuat dari kuningan yang sangat mudah menghitam. Jika kotoran sudah menumpuk maka jangan heran jika kompor nyala apinya merah.

    Untuk membersihkannya kita harus melepaskan kawat pengunci (beda kompor beda sih, coba cek sekitar corong). Setelah terlepas tinggal rendam dalam cairan pencuci piring yang dicampur perasan jeruk nipis. Rendam beberapa jam lalu sikat dengan gosokan yang kasar. Agak susah memang untuk membersihkan, kotoran yang terbakar membuatnya menempel kuat di permukaan burner. Terakhir bilas dengan air, keringkan dan pasang kembali
  • Jika anda sudah melakukan semua hal di atas dan masih merah maka kemungkinan besar masalah ada di sambungan selang gas dan burner, untuk membersihkannya kita bisa melepas burner kemudian melepaskan katup gas. Karena lubang selang yang kecil kita bisa membersihkannya dengan jarum. Demi keamanan alangkah baiknya, kita menggunakan tenaga profesional untuk masalah satu ini
 Kebanyakan muncul nyala api yang berwarna merah ini dikarenakan kotoran yang menempel pada tunggu ataupun burner. Oleh karena itu sangat dianjurkan pada para ibu untuk selalu membersihkan seluruh body kompor gas setelah pemakaian. Caranya cukup mengelap saja dengan kain, sebagai tambahan bisa menggunakan cairan pembersih kompor. Dengan begitu kinerja kompor gas tetap optimal dan di sisi lain tahan lama.

     2.kompor tidak keluar api
 Pada saat kita memutar pematik api, seharusnya akan untuk sebuah percikkan api. Percikkan api itulah yang nantinya digunakan sebagai pembakar utama gas yang berasal dari tabung. Namun karena mengalami kerusakan bunga api tersebut tidak muncul. Bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi masalah di mana kompor gas tidak mengeluarkan bunga api pada saat pematik api di putar adalah:
  1. Lepasnya bagian kabel pematik api. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya dengan cara memasang kabel pematik api tersebut kembali. Silahkan perhatikan beberapa bagian sehingga anda bisa memasang ulang untuk kabel pematik api tersebut.
  2. Bagian yang kotor pada  ujung pematik api. Hal tersebut dikarenakan debu yang menempel pada bagian pematik api. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita bisa membersihkan bagian di sekitar pematik api.
  3. Pematik api yang sudah aus. Hal tersebut dikarenakan pematik api tiap hari harus bergesekan sehingga lama kelamaan pasti akan mengalami aus. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengganti dengan pematik api yang baru. Biasanya harga dari pematik api yang baru tidaklah terlalu mahal, ada di kisaran 15 hingga 20 ribu rupiah.
   3.Masalah kedua yang sering ditemui oleh pengguna kompor gas adalah kompor gas sulit untuk hidup. Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika memperbaiki kompor gas yang sulit untuk hidup adalah:
  1. pastikan bahwa pematik api bisa memunculkan percikkan bunga api.Image result for perbaikan kompor gas
  2. Apabila pematik api bekerja secara normal, langkah langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan bagian celah antara jalur gas dengan pematik. Pada kondisi tertentu, belah bagian tersebut akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut yang akan menyebabkan api sulit untuk hidup. Silahkan atur ulang lebar celah antara jalur pematik api dengan jalur gas.Image result for perbaikan kompor gas
  3. Pastikan bahwa gas memang betul keluar dari jalurnya. Gas yang keluar dari jalurnya biasanya akan ditandai dengan keluarnya bunyi mendesis. Apabila gas tidak keluar dari jalurnya, maka bagian yang perlu dilakukan pengecekan adalah selang dan regulator servis tabung gas itu sendiri. Pastikan selang dalam kondisi tidak bocor, regulator dalam kondisi baik, dan tabung gas dalam kondisi terisi gas.
    4.tabung  yang mengalami kebocoran ketika dipasang regulator. Untuk mengatasi hal tersebut tidaklah terlalu sulit. Anda cukup mengganti bagian siil pada tabung tersebut menggunakan siil dari tabung bekas yang baru saja habis gasnya.
    5.Masalah terakhir yang biasanya muncul pada penggunaan kompor gas adalah api yang muncul dari kompor gas tidak berwarna biru. Tidak munculnya warna biru pada kompor gas disebabkan karena adanya sumbatan atau kotoran dibagian sumbu api. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan bagian sungguh api baik dari sumbatan ataupun dari kotoran-kotoran yang lain.
Sekian informasi dari saya mengenai cara memperbaiki kompor gas dengan cepat dan mudah. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan anda sekaligus bisa menambah ilmu bagaimana cara memperbaiki kompor gas sendiri tanpa harus membawa ke tempat reparasi kompor gas.

No comments:

Post a Comment