mau kaya

Tuesday, May 3, 2016

sehat dengan makan terong cepoka


Image result for terong cepoka                                                                                         Terong cepoka, takokak. Di beberapa daerah, terong cepoka mempunyai sebutan yang berbeda-beda, beberapa di antaranya adalah cepoka, takokak, cokowana, pokak, terong meranti atau ada juga yang menyebutnya dengan terong pipit.
Terong cepoka kaya akan berbagai kandungan kimia seperti chlorogenin, sisalogenone, torvogenin, vitamin A (pada buah mentah), solasonin 0,1 % (pada buah kering), neo – chlorogenine, panicolugenin (pada daun) dan jurubine (pada akar)
Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat; rasa pedas, sejuk, agak beracun. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari terong cepoka adalah bisa untuk melancarkan sirkulasi, menghilangkan darah beku, menghilangkan sakit (analgetik) dan menghilangkan batuk (antitusif).
Image result for terong cepoka                                                                                                                                                      Manfaat Terong Meranti / Takokak | Cokowana | Pokak | Cepoka
Akarnya direbus dengan beberapa jenis tanman lain dan hasilnya diminum sebagai tonik. Batangnya dihancurkan dan diletakan pada pada gigi yang sakit untuk mengobati sakit gigi. Daunnya direbus dan hasilnya diminum sebagai diuretic. Buah mentahnya bisa digunakan sebagai obat darah tinggi.
Image result for terong cepoka                                                                                                   Khasiat Terong Meranti | Pipit | Takokak | Cokowana | Pokak | Cepoka
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman terong cepoka bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
1. Obat pinggang kaku, bengkak terpukul
Cara mengobati pinggang yang terasa kaku yaitu dengan menggunakan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
2. Obat sakit lambung, tidak datang haid
Cara mengobati sakit lambung atau haid tidak datang yaitu dengan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
3. Obat batuk kronis
Untuk cara mengobati batuk kronis yaitu dengan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
4. Obat bisul dan koreng
Untuk cara mengobati bisul atau koreng yaktu dengan daun segar dicuci bersih lalu digiling halus, dibubuhkan ke tempat yang sakit, lalu dibalut.
5. Obat jantung berdebar (tachycardia)
Cara mengobati sakit jantung berdebar yaitu dengan daun takokak 6 lembar ditambah ½ jari rimpang kunyit dicuci bersih lalu ditumbuk halus, tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Diperas dan disaring minum sehari 2 kali.
Catatan:
1. Penderita kecenderungan glaucoma dilarang minum.
2. Kelebihan dosis dapat menimbulkan keracunan

No comments:

Post a Comment